Minggu, 24 Juni 2012

Organization of Eight D Creative and Unforgetable 2011-12 (REDCABLE1112)

Pertaama yang aku inget itu pas awal pembagian kelas. awalnya aku gamau di kelas itu karena banyak yang ga kenal. Pas bulan bulan pertama juga kelas kita aku akuin emang belum kompak, masih banyak yang berkelompok. Pas lama ke lamaan aku mulai main sama yang lain dan kemudian tambah deket dan akhirnya tanpa di sadari kita itu udah deket dan udah sekelas 1 tahun :")
Kemudian aku mulai deket sama anak yang kecil yang cina sipit yaitu KRIS. Awal aku deket sama anak ini nih garagara aku sama ate duduk di belakang dia. Lama-lama jadi akrab dan sempet rebutan sebangku sama dia x_x soalnya dia tuh asik banget orangnya! kalau kamu udah kenal deket dia, beeeuuuuh seru ga abieszz abieszz. hahaha :D
Nih nih temen baru gue yang gue kenal dan deket berkat REDCABLE yaitu Elma, Ate, Nadlila, Sylvia, Friska, Pita,  Risma, Regita, Ikeu, Nita :) Itu nama temen-temen gue yang baru gue kenal dan deket pas di REDCABLE :)
Oiya aku juga ga cuman punya temen cewe. aku juga deket sama anak-anak cowonya dooong. kan kelas kompak itu ga cmn deket cewe aja dan cowo aja B) Nih nih gue sebutin niih yaitu Kris, Ugi, Yosua, Hisyam, Azmi, Agung, Adis, Raka, Indra, Lukman, Rinaldi, Tatang, Tobey.
Berikut tentang 29 REDERS B)
fahrizal0508 bakalan kangen elo yang suka dengerin musik, dan nyanyanyian dipojokan kelas dgn kepala yg bergoyan dan okul ._.v -Adis 
AgoenkMilanisti bakalan kangen elo bapa ustadz cilik yang rajin solat, dan suka bilang "agung ganteng" buat diri sendiri :p - Agung
Mpangtiang14 bakalan kangen lo yang suaranya bervibrasi, lucu, tinggi, dan ngegemesin (´-`>ԅ(ˆ⌣ˆԅ) - Aissyah F
Anissatriyantii bakalan kangen ate yang berkacamata dan punya tai lalat kotak, yg suka gerak2in poninya, dan pikirannya udah rada-rada ._.v - Ate
AzmiNugraha bakalan kangen gombalan elu, tukang nyalain proyektor di kelas, cowo paling tinggi dikelas, ganteng (ceunah) haha - Azmi
E.Tobey.H bakalan kangen cowo "paling diem" dikelas, yang kerjaannya cuman ngeliatin temen yang lain pada main games. - Tobey
ELMADEA bakalan kangen elo yang suka ngelawak garing, yang suka pelajaran fisika, yang suka nyanyi sapotong-sapotong, keras juga :") -Elma 
Friskaulresky bakalan kangen elo yang suka di sindir2 sama si adis, hisyam, kris gara-gara hatinya yang selalu panas. Paling susah move on! -Friska
HisyamF bakalan kangen si Hisyam, yang suka telat datang tapi tara ditangtungkeun pas upacara. Aneh ya! Dia wakil KM :") - Hisyam
IkeuDyyah bakalan kangen cewek nu super duper "riweuh pisan", hidupnya rempong, terus paling sering ngeblank grgr gugup kalau depan kelas:p -Ikeu
IndraNA bakalan kangen Indra yang suaranya bagus, lucuuuuuuu, yang suka dicubitin sama anak-anak cewek. ;;) - Indra
JihanHaiba bakalan kangen si kempoooot! yang cuek sama pacarnya. yang kerjaannya makan mulu pas belajar, tapi ga gendut-gendut. kasian. - Jihan(me)
KrisAnggaraG KRIS!!! Ini temen yg ga akan dilupain. deket-deket dia pasti ngakak. Aaaa seru, tapi otaknya udah konslet. Iyuwh.:p Dia biasa di panggil min jun habis mukanya kayak korea gitu.  -Kris
Lauditain bakalan kangen kamu ibu KM ;;) KM paling sadis sedunia yang maennya bacok-bacokan, yang suka warna biru, dan hatinya labil. Haha -Larin 
M.Farhan.M UGI panggilannya, badan si ugi sama kelakuan ugi ituuuu cowok banget. Otaknya udh konslet. Dia cakep, tapi jomblo bae :3 -Ugi
MuhammadLNH lukman haha cowok ini suka matematika. Lumayan laaah. Dia suka sama buku perang ta apa sih itu. Otaknya konslet. Haha - Lukman
NadlilaN bakalan kangen maneh yang suka di ece "TOMCAT CIBINGBIN" hahahahaha :p dia ini kalau makan suka banyak, tapi ga gendut2. JONES.-Nadlila
# cewek ini jago ngegambar. Pacarnya Hisyam. Paling suka ngebanggain diri sendirinya ._.v -Nita
puspitacp11 salah satu cewek yang paling susah move on dari orang itu. Suaranya itu lucu taoooo, mungil, lucuuuu (ˇ▼ˇ)-c<ˇ_ˇ) -Puspita
RakaA dia pinter loooh. Suka nyanyanyian beneran, dia mah hafal ga kayak si Elma haha :p suaranya tingi, tapi.....-_- hehe (‾⌣‾)♉ -Raka
regitafitria ini anak duduknya dipojok sekaliii, tukang jaga alat kebersihan (dulunya), anaknya rajin, terlalu polos. (Uruh) haha- Regita
RinaldiDR ini anak dari salah satu guru di sekolah. Pendiem sekali. Kalau jalan mirip bapaknya. Suka maen games sama anak2 cowok :p -Rinaldi
RismaM bakalan kangen kamu yang suka dipanggil "munawaroh" , jago ngebaca puisi sunda :p -Risma
RivaniaTD bakalan kangen kamu ibu dokternya kelas yang suka hello kitty, bakalan kangen ketawa keras kamu, dan kamu yang manja :p -Riva
viasylviavia bakalan kangen si silpi yang tiap harinyanya ngagalau, yang suka riweuh dikelas, kecil lucu. Bakalan kangen B3! Haha -Sylvia
triutammi bakalan kangen tami yang lucuuuu, bakalan kangen lari lucunya tami, bakalan kangen alungkan bola basketnya tami :p -Tami
JoshuaGanteng2 bakalan kangen orang yang bangga karna "JONES"nya kamu, bakalan kangen kamu yg osok maen game yang prestasinya kian menurun.-Yosua
Dan ga lupa sama bapak wali kelas REDCABLE yang terkeceh dan care banget sama anak-anak yaitu Pa Andri Maulana :) Makasih pa udah banyak banget ngasih motivasi untuk kita, udah sabar ngadepin anak-anak kelas dan udah ngejadiin REDCABLE itu NYATU ::) Thanks banget paak ^^


I'LL ALWAYS MISS REDCABLE :* REDCABLE IS MY BIGFAM :) LOVE REDCABLE SOMUUUCCCHHH :* hihi




Kamis, 14 Juni 2012

Pameran


      A. PRINSIP-PRINSIP PAMERAN DAN PERGELARAN
•Planing atau Perencanaan
•Organizing atau Pengelolaan.
•Acting atau Pelaksanan.
•Controlling atau Pengawasan.
     1. PERENCANAAN
       * Menentukan tema
Tema merupakan pokok pikiran yang menjiwai seluruh kegiatan.Tema harus disesuaikan dengan    
maksud dan tujuan pameran dan pergelaran.

       * Menentukan rencana kegiatan
Untuk menentukan rencana kegiatan dapat dilakukan : jenis karya yang dipergelarkan, orang –
orang yang terlibat dalam pergelaran, waktu yang tepat, alokasiwaktu, jumlah dana, dan bentuk
kegiatan yang akan dilakukan.

      * Menyusun progaram kegiatan.
Progaram kegiatan disusun berdasarkan hasil rencana kegiatan yang telah ditentukan.Agar
program kegiatan dapat berjalan dengan baik perlu dirumuskan tujuan umum pergelaran. Tujuan
khusus, waktu, panitia, hasil karya siswa, bentuk pergelaran, dan biaya pergelaran. 

      * Menentukan tempat pergelaran
Ruang yang cocok untuk kegiatan pemeran atau pergelaran  dapat  digunakan
ruang kelas atau ruang khusus untuk pameran atau pergelaran.

Berkut contoh Perencanaan Pameran dan Pergelaran Seni.
v Tema                   : Dengan semangat sumpah pemuda, kita lestarikan nilai-nilai budaya nasional.
vTujuan                  : Untuk mewadahi dan meningkatkan prestasi belajar siswa di bidang kesenian.
vLatar belakang      : Pameran dan Pergelaran diselenggarakan berdasarkan tuntutan kompetensi belajar mata pelajaran Kesenian.
vSasaran                : Pameran dan Pergelaran diharapkan dikunjungi oleh rekan-rekan sekolah sendiri.
vMateri                    : Gmbar,  lukisan, batik, grafis, benda pakai.
vTempat                  : Pameran dan Pergelaran bertempat di ruang pameran dan pementasan.
vKelengkapan         : papan panel, meja pedestal, lampu spot, katalog, label karya, sound system, panggung, latar panggung, meja, kursi.
vPanitia                   : Susunan Panitia Pameran dan Pergelaran.

vANGGARAN  BELANJA  PAMERAN
•Sumber Dana dari iuran anggota kelas VIII
•Penggunaan Dana
      Membuat Perencanaan                   Rp    10.000,-
      Membuat Poster                              Rp    15.000,-
      Membuat Katalog                           Rp    10.000,-
      Membuat Label Karya                    Rp    10.000,-
      Menyewa Lampu spot                    Rp    20.000,-
      Membuat kuis                                 Rp    25.000,-
      Penatan ruang                                 Rp    10.000,-
                                                                    __________
      Jumlah                                             Rp 100.000,-
2. PENGELOLAAN
v MEMBENTUK KEPANITIAAN
      Contoh panitia pameran dan pergelaran :
•Penanggung jawab          :  Drs. Jaja.A.Zaenudin,MM.
•Penasihat                           :  Yuyum Rumyati, S.Pd
•Ketua    I                             :  Kanigia
•Ketua    II                            :  Vera
•Sekretaris                           :  Resti
•Bendahara                          :  Dwi Rachmawat

vMEMILIH  KARYA
          Pendaftaran hasil karya
          Tujuan pendaftaran hasil karya untuk mengetahui seberapa banyak karya yang akan dipentaskan. Pendaftarannya dilakukan berdasarkan jumlah dan temanya.




        vMenyusun kelengkapan pameran  :
        - Ruang pameran
        - Standar display
        - Sketsel / papan panel
        - Meja
        - Kursi
        - Katalog
        - Buku tamu
        - Sound system
        - Poster untuk publikasi
        - Tape recorder
        - Lampu untuk penerangan ruangan
        - Hiasan untuk dekorasi ruangan
        - Kamera sebagai alat dokumentasi
vPendalaman karya pribadi
        Bertujuan menambah kualitas karya. Karya yang untuk dipamerkan diteliti lagi lebih baik.
3. PELAKSANAAN
vPengorganisasian
       Merupakan kegiatan mengatur, membagi tugas, mengadakan rapat, mengawasidanekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan. Tugas mengorganisasi merupakan tanggung jawab ketua panitia. Meskipun demikian tetap melibatkan semua anggota.
Penatan  ruang  pameran
Pameran dapat dilakukan di tempat tertutup hal ini dimaksudkan untuk menciptakan suasana aman, nyaman, dan lancar sehingga penonton dapat berapresiasi dengan optimal. 
        4. PENGONTROLAN   ATAU PENILAIAN  ACARA
             Pelaksanaan pameran dan pergelaran akan berjalan baik jika dilakukan pengontrolan dari
awal sampai akhir.
Hal-hal yang perlu dikontrol  :
v Organisasi penyelenggara
        Yang termasuk dalam penilaian ini adalah menguraikan pola atau tata kerja penyerenggara pameran dan pergelaran, baik dari perencanaan, pengorganisasian, maupun penyelenggaraannya.
vKualitas karya yang dipamerkan dan pergelarkan .Yang termasuk dalam penilaian ini adalah menguraikan kelebihan dan kekurangan karya seni.
        Penilaian pameran ditulis secara cermat dan disampaikan secara lisan kepada penyelenggara
dan peserta pamera dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan. Sedang untuk      
kualitas karya  yang dipamerkan dan dipergelarkan dapat diulas melalui kritik seni.
B. APRESIASI  SENI
        Kata apresiasi berasal dari bahasa Inggris appreciation yang berarti penghargaan. Pengertian
apresiasi seni adalah kegiatan mengenali, mengamati, menilai, dan menghargai bobot seni . Yang
termasuk sasaran dalam kegiatan apresiasi adalah nilai suatu karya seni.
        Apresiasi juga dapat berupa kritik. Secara umum kritik berarti mengamati, membandingkan,
dan mempertimbangkan. Ada kritik yang bersifat positif dab juga negatif. Kritik yang bersifat
negatif cenderung mengecam kekurangan. Sebaiknya kritik perlu mempertimbangkan hal-hal
yang negatif dan positif.
Kriteria seni rupa
vIde atau gagasan.
vBentuk
vTeknik pembuatan
vFungsi dan Makna.






       




Seni Kriya



Seni kriya sering disebut dengan istilah Handycraft yang berarti kerajinan tangan. Seni kriya termasuk seni rupa terapan (applied art) yang selain mempunyai aspek-aspek keindahan juga menekankan aspek kegunaan atau fungsi praktis. Artinya seni kriya adalah seni kerajinan tangan manusia yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan kehidupan sehari-hari dengan tidak melupakan pertimbangan artistik dan keindahan.
Gerakan seni dan kriya atau lebih dikenal dalam bahasa Inggris sebagai art and craft movement adalah suatu gerakan pada akhir masa revolusi industri yang mementingkan komitmen kerja dan keindahan. Penganutnya menolak estetika yang dihasilkan oleh produksi secara massal, yang dianggap sebab utama hilangnya keindahan individual.
   
1. Seni kerajinan kulit, adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah dimasak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contohnya: tas, sepatu, wayang dan lain-lain.
2. Seni kerajinan logam, ialah kerajinan yang menggunakan bahan logam seperti besi, perunggu, emas, perak. Sedangkan teknik yang digunakan biasanya menggunakan sistem cor, ukir, tempa atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Contohnya pisau, barang aksesoris, dan lain-lain.
3. Seni ukir kayu, yaitu kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu yang dikerjakan atau dibentuk menggunakan tatah ukir. Kayu yang biasanya digunakan adalah: kayu jati, mahoni, waru, sawo, nangka dan lain-lain. Contohnya mebel, relief dan lain-lain.
4. Seni kerajinan anyaman, kerajinan ini biasanya menggunakan bahan rotan, bambu, daun lontar, daun pandan, serat pohon, pohon pisang, enceng gondok, dll. Contohnya: topi, tas, keranjang dan lain-lain

5. Seni kerajinan batik, yaitu seni membuat pola hias di atas kain dengan proses teknik tulis (casting) atau teknik cetak (printing). Contohnya: baju, gaun dan lain-lain.
6. Seni kerajinan keramik, adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah. Contohnya: gerabah, piring dan lain-lain.
Adapun bentuk-bentuk seni kriya adalah sebagai berikut :
Perisai/Kelembit/Keliau
Merupakan alat penangkis dalam peperangan melawan musuh. Perisai terbuat dari kayu yang ringan tapi tidak mudah pecah. Bagian depan perisai dihiasi dengan ukiran, namun sekarang ini kebanyakan dihiasi dengan lukisan yang menggunakan warna hitam putih atau merah putih. Motif yang digunakan untuk menghias perisai terdiri dari 3 motif dasar:
1. Motif Burung Enggang ( Kalung Tebengaang )
2. Motif Naga/Anjing ( Kalung Aso' )
3. Motif Topeng ( Kalung Udo' )

Selain sebagai alat pelindung diri dari serangan musuh, perisai juga berfungsi sebagai:
- Alat penolong sewaktu kebakaran / melindungi diri dari nyala
   api
- Perlengkapan menari dalam tari perang
- Alat untuk melerai perkelahian
- Perlengkapan untuk upacara Belian
  Kini perisai banyak dijual sebagai souvenir / penghias dekorasi
  rumah tangga.

Ulap Doyo

Kain dari serat daun doyo ini merupakan hasil kerajinan yang hanya dibuat oleh wanita-wanita suku Dayak Benuaq yang tinggal di Tanjung Isuy. Tanaman doyo yang menyerupai pandan tumbuh dengan subur di Tanjung Isuy. Serat daunnya kuat dan dapat dijadikan benang untuk ditenun. Tenunan doyo ini kemudian sering diolah menjadi pakaian, kopiah, dompet, tas, hiasan dinding dan lain sebagainya.

Bening Aban

Alat untuk memanggul anak yang hanya terdapat pada masyarakat suku Dayak Kenyah. Alat ini terbuat dari kayu yang biasanya dihiasi dengan ukiran atau dilapisi dengan sulaman manik-manik serta uang logam.



Sumpitan

Alat yang biasa digunakan untuk berburu atau berperang yang dikenal oleh hampir seluruh suku Dayak di Kalimantan. Alat ini terbuat dari kayu ulin atau sejenisnya yang berbentuk tongkat panjang yang diberi lubang kecil untuk memasukkan anak sumpitan. Sumpitan dilengkapi dengan sebuah mata tombak yang diikat erat pada ujungnya dan juga dilengkapi dengan anak sumpitan beserta wadahnya (selup).

Seraong

Topi berbentuk lebar yang biasa digunakan untuk bekerja di ladang atau untuk menahan sinar matahari dan hujan. Kini banyak diolah seraong-seraong ukuran kecil untuk hiasan rumah tangga.
Ada beberapa teknik pembuatan benda-benda kriya yang disesuaikan dengan bahan. Alat dan cara yang digunakan antara lain cor atau tuang, mengukir, membatik, menganyam, menenun, dan membentuk.
1. Teknik cor (cetak tuang)
Ketika kebudayaan perunggu mulai masuk ke Indonesia, maka mulai dikenal teknik pengolahan perunggu. Terdapat beberapa benda kriya dari bahan perunggu seperti gendering perunggu, kapak, bejana, dan perhiasan.
Teknik cetak pada waktu itu ada dua macam:
a. Teknik Tuang Berulang (Bivalve)
Teknik bivalve disebut juga teknik menuang berulang kali karena menggunakan dua keeping cetakan terbuat dari batu dan dapat dipakai berulang kali sesuai dengan kebutuhan (bi berarti dua dan valve berarti kepingan). Teknik ini digunakan untuk mencetak benda-benda yang sederhana baik bentuk maupun hiasannya.
b. Teknik Tuang Sekali Pakai (A Cire Perdue)
Teknik a cire perdue dibuat untuk membuat benda perunggu yang bentuk dan hiasannya lebih rumit, seperti arca dan patung perunggu. Teknik ini diawali dengan membuat model dari tanah liat, selanjutnya dilapisi lilin, lalu ditutup lagi dengan tanah liat, kemudian dibakar untuk mengeluarkan lilin sehingga terjadilah rongga, sehingga perunggu dapat dituang ke dalamnya. Setelah dingin cetakan tanah liat dapat dipecah sehingga diperoleh benda perunggu yang diinginkan.
Disamping teknik cor ada juga teknik menempa yang bahan-bahannya berasal dari perunggu, tembaga, kuningan, perak, dan emas. Bahan tersebut dapat dibuat menjadi benda-benda seni kerajinan, seperti keris, piring, teko, dan tempat lilin. Saat ini banyak terdapat sentra-sentra kerajinan cor logam seperti kerajinan perak. Tempat-tempat terkenal itu antara lain kerajinan perak di Kota Gede Yogyakarta dan kerajinan kuningan yang terdapat di Juwana dan Mojokerto.

2. Teknik Ukir
Alam Nusantara dengan hutan tropisnya yang kaya menjadi penghasil kayu yang bisa dipakai sebagai bahan dasar seni ukir kayu. Mengukir adalah kegiatan menggores, memahat, dan menoreh pola pada permukaan benda yang diukir.
Di Indonesia, karya ukir sudah dikenal sejak zaman batu muda. Pada masa itu banyak peralatan yang dibuat dari batu seperti perkakas rumah tangga dan benda-benda dari gerabah atau kayu. Benda- benda itu diberi ukiran bermotif geometris, seperti tumpal, lingkaran, garis, swastika, zig zag, dan segitiga. Umumnya ukiran tersebut selain sebagai hiasan juga mengandung makna simbolis dan religius.
3. Teknik membatik
Kerajinan batik telah dikenal lama di Nusantara. Akan tetapi kemunculannya belum diketahui secara pasti. Batik merupakan karya seni rupa yang umumnya berupa gambar pada kain. Proses pembuatannya adalah dengan cara menambahkan lapisan malam dan kemudian diproses dengan cara tertentu atau melalui beberapa tahapan pewarnaan dan tahap nglorod yaitu penghilangan malam.
4. Teknik Anyam
Benda-benda kebutuhan hidup sehari-hari, seperti keranjang, tikar, topi dan lain-lain dibuat dengan teknik anyam. Bahan baku yang digunakan untuk membuat benda-benda anyaman ini berasal dari berbagai tumbuhan yang diambil seratnya, seperti bamboo, palem, rotan, mendong, pandan dan lain-lain.
5. Teknik Tenun
Teknik menenun pada dasarnya hamper sama dengan teknik menganyam, perbedaannya hanya pada alat yang digunakan. Untuk anyaman kita cukup melakukannya dengan tangan (manual) dan hampir tanpa menggunakan alat bantu, sedangkan pada kerajinan menenun kita menggunakan alat yang disebut lungsi dan pakan. Daerah penghasil tenun ikat antara lain
6. Teknik membentuk
Penegertian teknik membentuk di sini yaitu membuat karya seni rupa dengan media tanah liat yang lazim disebut gerabah, tembikar atau keramik. Keramik merupakan karya dari tanah liat yang prosesnya melalui pembakaran sehingga menghasilkan barang yang baru dan jauh berbeda dari bahan mentahnya.

Fungsi dan Tujuan Pembuatan Seni Kriya
1. Sebagai benda pakai, adalah seni kriya yang diciptakan mengutamakan fungsinya, adapun unsur keindahannya hanyalah sebagai pendukung.
2. Sebagai benda hias, yaitu seni kriya yang dibuat sebagai benda pajangan atau hiasan. Jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan daripada aspek kegunaan atau segi fungsinya.
3. Sebagai benda mainan, adalah seni kriya yang dibuat untuk digunakan sebagai alat permainan.













Disadari, bahwa nilai-nilai yang di kandung produk seni kriya tradisional selalu mengalami perubahan dan perkembangan, mengalami kontinuitas dan dekontinuitas selaras dengan tuntutan perkembangan jaman, baik yang terjadi pada masa prasejarah, jaman purba, jaman madia, jaman modern, maupun pada era keterbukaan dan global. Ketika kehidupan manusia berada pada tataran hidup berpidah-pindah dengan kepercayaan animis dan dinamis, maka kehadiran seni kriya sangat bergayut dengan kondisi-kondisi kehidupan kala itu, demikian pula pada jaman purba, jaman madia, dan seterusnya.
Kehadiran seni kriya dapat dinyatakan sangat erat dengan peri kehidupan itu sendiri, seni kriya berasal dari masyarakat dan kembali untuk kepentingan mereka. Seni kriya berada di tengah masyarakat sebagai cabang seni yang membumi dan merakyat

Sejak masa lampau hingga kini. keberadaan seni kriya selalu diburu untuk memenuhi kebutuhan umat manusia. Tidak hanya produknya saja, tetapi keberadaan seni kriya pun, masih menjadi perdebatan hangat.
Perdebatan hangat bagi komunitas kriyawan maupun pengamat senirupa lainnya. Senikriya sebagai cabang dari senirupa merupakan lambang jati diri budaya bangsa. Keberadaannya mencerminkan pola pikir dan perilaku hidup masyarakat pada zamannya.
Pada masa lampau, hingga kini senikriya mengalami perubahan dan perkembangan pesat. Perubahan dan perkembangan yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Timbulnya penciptaan senikriya yang mengarah ke produk pemenuh kebutuhan praktis.
Ada juga penciptaan senikriya yang mengarah ke tujuan-tujuan ekspresi pribadi. Hal itu merupakan realitas perkembangan yang lahir berdasarkan kebebasan berkreasi dan eksplorasi. Eksplorasi terus digali dan dikembangkan sesuai dengan jiwa zamannya. Sumber daya budaya lokal, merupakan kekayaan budaya yang takkan habis untuk digali dan dikembangkan. Digali dan dikembangkan sesuai kebutuhan yang diinginkan. Hal itu merupakan harapan dan tantangan bagi komunitas kriyawan, baik melalui pendidikan formal maupun non formal.
Seni kriya terus mengalami perubahan dan perkembangan. Perubahan dan perkembangan itu, terjadi seiring dengan pengetahuan dan wawasan yang dimiliki oleh kriyawan. Senikriya sangat membutuhkan kritikus yang fokus mencermati perubahan dan perkembangan senikriya.
Kritik perlu diberikan kepada karya dan kriyawan itu sendiri, untuk menjembatani dan membangun komunikasi dengan publik. Senikriya seperti senirupa lainnya, perlu memiliki atmosfir komunikasi intensif antar kreator dan apresiator. Komunikasi itu penting untuk menjelaskan apa yang ada dalam benak kreator dan tanggapan atas karya yang diciptakannya.
Menarik apabila mencermati karya hasil kriyawan akademis. Kriyawan akademis merupakan kreator yang terus menerus harus mendapatkan perhatian yang lebih serius. Sri Afriani Sinaga, Dahlia Siahaan, Susanto L.M. Simanjuntak, sebagian kriyawan akademis yang mengenyam pendidikan dan gemblengan di Jurusan Senirupa FBS UNIMED.
 Mereka merupakan kriyawan yang terus menerus bergulat dan mengembangkan senikriya. Mereka selalu menarikan palu dan pahat untuk mendapatkan karya senikriya yang baik. Ketekukan dan kemahiran menarikan palu dan pahat lewat jari-jari manisnya mereka menghasilkan karya seni kriyayang patut untuk dibanggakan.
Berikut nama para seniman kriya  dari luar negeri :


Nama Seniman
William Morris
Owen Jones
Gustav Sticley
Aubrey Breadsley
Arthur Mc.Murdo
Adolf Loos
Michael Tonet


Apresiasi seni
    
Ada banyak daerah di Indonesia yang menjadi daerah sentral produksi karya seni rupa terapan/ seni kriya .
    Buat kelompok kerja , satu kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang. Tentukan daerah yang akan kalian identifikasi , untuk lebih menguatkan data cari buku sumber dari perpustakaan atau data dari internet.
Data yang harus kalian cari :
•Sejarah seni terapan / seni kriya di daerah tersebut .
•Jenis seni terapan / seni kriya di daerah tersebut
•Teknik dan fungsi seni terapan / seni kriya di daerah tersebut
•Corak/motif khas seni terapan di daerah tersebut
•Keragaman nilai seni terapan/ seni kriya di daerah tersebut
•Eksplolasi dan perkembangan seni terapan/seni kriya di daerah tersebut
  Presentasikan hasil laporan kalian dalam bentuk  powerpoint.